Bravo..Uruguay Jawara Copa America 2011

Buenos Aires: Uruguay memenuhi ambisinya menoreh rekor juara Copa America untuk ke-15 kalinya. Di babak final Copa America 2011 yang berlangsung di Estadio Monumental Antonio Vespucio Liberti, Buenos Aires, Minggu (24/7) sore waktu setempat atau Senin (25/7) dinihari WIB, La Celeste menggilas lawannya Paraguay dengan skor sangat telak 3-0 (2-0). Dua dari tiga gol kemenangan Uruguay diborong Diego Forlan.

Kemenangan pasukan asuhan Oscar Tabarez ditentukan dari dua gol yang tercipta di babak pertama. Sejak kick-off dibunyikan wasit Salvio Fagundes, Forlan dkk langsung menggebrak pertahanan La Albirroja. Hanya dalam waktu satu menit, kiper Justin Villar harus jatuh bangun memblok sepakan Luis Suarez. Beberapa saat kemudian, Justin Villar melakukan save dengan menepis sundulan Diego Lugano yang memanfaatkan corner Forlan. Sempat terjadi kemelut di depan gawang sebelum akhirnya bola diamankan para pemain Paraguay.

Gempuran Uruguay membuahkan hasil di menit ke-12. Adalah Suarez yang mencatatkan namanya di papan skor. Menerima bola liar hasil sepakan Forlan, Suarez berhasil mengelabui Dario Veron. Tembakan kaki kirinya yang mengarah ke gawang membentur kaki Veron. Bola berubah arah. Kiper Justo Villar pun terpaku menyaksikan bola membentur tiang gawang dan masuk ke dalam jaring. 1-0 untuk Uruguay.

Di menit ke-32, peluang emas Forlan dapat digagalkan Justin Villar. Empat menit berlalu, sepakan Suarez hanya membentur jaring luar gawang. Gol kedua bagi La Celeste tercipta ketika babak pertama tinggal tersisa empat menit. Kali ini kesalahan para pemain Paraguay di jantung pertahanannya sendiri. Bola dicuri Egidio Arevalo yang kemudian memberikan umpan kepada Forlan yang berdiri bebas di sektor sayap kanan pertahanan La Albirroja. Tanpa mengontrol terlebih dahulu, Forlan melancarkan drive yang menusuk ke pojok kiri gawang Paraguay. Skor 2-0 bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, Paraguay bermain jauh lebih baik. Cristian Riveros dkk tampak lebih sabar dan mampu memegang kendali permainan. Sebaliknya, Uruguay mencoba mempertahankan keunggulan sembari mencuri kesempatan lewat serangan balik. Di menit ke-54, upaya Paraguay nyaris membuahkan hasil ketika tendangan Nelson Valdes hanya membentur mistar gawang Fernando Muslera. Delapan menit kemudian Riveros gagal menyelesaikan crossing sempurna Ivan Piris.

Gencar melakukan tekanan ke pertahanan Uruguay membuat lini pertahanan La Albirroja lengah. Satu menit jelang waktu normal berakhir, lewat counter-attack yang sangat cepat, Suarez dengan sundulannya menyodorkan bola kepada Forlan yang lolos dari kawalan bek Paraguay. Berhadapan satu lawan satu dengan Justin Villar, Forlan tak kesulitan menyarangkan bola ke dalam gawang. Skor 3-0. Game over!

Posted by damm11 on 12.17. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Bravo..Uruguay Jawara Copa America 2011

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

blog-indonesia.com

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11