Mengenal Lebih Dekat Sosok Yingluck Shinawatra, Sang Perdana Menteri Wanita Pertama Thailand

YINGLUCK Shinawatra, puteri pasangan Lert dan Yindee Shinawatra ini
menjadi sosok yang paling banyak diperbincangkan awal pekan ini. Bungsu dari 9 bersaudara ini dikabarkan segera menempati tampuk pemerintahan sebagai perdana menteri wanita pertama di Thailand. Siapa sebenarnya wanita yang kerap dijuluki sebagai politisi fotogenik ini?
Yingluck lahir di Chiang Mai, 21 Juni 1967, di tengah keluarga kelas atas di negeri gajah putih itu. Ibunya, Yindee, merupakan putri kandung dari Puteri Jantip Na Chiangmai Raminkwong dari kerajaan Chiangmai.
Dunia politik dan pemerintahan bukan lagi barang baru bagi Yingluck. Kakaknya, Thaksin Shinawatra, pernah merasakan kursi perdana menteri selama lima tahun, sebelum akhirnya digulingkan dalam aksi kudeta militer, 2006 lalu.
Suaminya, Anusorn Amornchat, merupakan adik kandung dari Yaowapa Wongsawat, istri mantan Perdana Menteri Somchai Wongsawat.
Sebelum terjun ke dunia politik, Yingluck terlebih dulu dikenal sebagai pengusaha sukses.
Setelah lulus dari Kentucky State University dengan gelar Master, Yingluck menempati posisi eksekutif di sejumlah perusahaan milik keluarganya, salah satunya Shinawatra Directories Co., Ltd.
Selama dua tahun, Yingluck menjabat sebagai presiden perusahaan properti, SC Asset dan direktur di Advanced Info Service PCL atau AIS, perusahaan telekomunikasi terbesar di Thailand.
Mei lalu, partai Pheu Thai yang masih erat kaitannya dengan Thaksin, mengangkat Yingluck sebagai kandidat perdana menteri dalam pemilihan umum tahun ini.
Keberadaan Yingluck sebagai satu-satunya kandidat wanita dan pertama kalinya dalam sejarah, membuatnya didukung para kaum ibu serta organisasi feminis.
Dukungan melimpah ini membawanya pada kesuksesan meraih lebih dari 50 persen kursi parlemen, yang secara otomatis, menjadikannya orang berkuasa di negeri gajah putih.tabloidbintang.com

Posted by damm11 on 19.40. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Mengenal Lebih Dekat Sosok Yingluck Shinawatra, Sang Perdana Menteri Wanita Pertama Thailand

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

blog-indonesia.com

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11