Patung James Naismith "Pencipta Basket" Diresmikan

Patung Pencipta Olahraga Basket Diresmikan

SEBUAH patung pencipta olahraga bola basket James Naismith diresmikan di Almonte, Amerika Serikat, Sabtu (23/7).

Patung yang berukuran 1,5 kali ukuran Naismith itu dibuat selama lebih dua tahun menggunakan dana yang dikumpulkan oleh Dr J Naismith Basketball Foundation. Patung itu dibuat dengan biaya kurang lebih US$50 ribu (sekitar Rp426,4 juta).

Dr J Naismith Basketball Foundation adalah organisasi yang didirikan Naismith pada 1891 di Springfield College di Massachusetts saat Naismith menjadi guru olahraga di sana.

Naismith yang lahir di Ontario, Kanada pada 6 November 1861 ini menciptakan olah raga basket pada 1891. Ia juga menulis buku aturan basket dan mendirikan Program Basket di University of Kansas.

Naismith juga belajar kedokteran di Denver pada tahun 1898 sebelum pindah ke University of Kansas. Setelah beberapa tahun sebagai pelatih basket di University of Kansas, Naismith pindah menjabat sebagai direktur atletik Jayhawks Kansas.

Pada 1904 untuk pertama kali basket diperkenalkan dalam ajang olimpiade. Pada olimpiade di Berlin tahun 1936, basket pun akhirnya menjadi salah satu cabang resmi dalam ajang olah raga dunia itu.mediaindonesia.com

Posted by damm11 on 06.54. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Patung James Naismith "Pencipta Basket" Diresmikan

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

blog-indonesia.com

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11