Terpikat Mata-mata, Jenderal Dibui Seumur Hidup

TAIPEI — Seorang jenderal militer Taiwan yang terpikat umpan mata-mata China dihukum seumur hidup oleh pengadilan tinggi militer, Senin (25/7/2011).

Mayor Jenderal Lo Hsien Che, mantan kepala departemen telekomunikasi tentara dan informasi elektronik, didakwa pada Mei karena memata-matai dan menerima suap dari China pada awal tahun 2004. "Lo lima kali memberikan informasi kepada personel komunis China sebagai imbalan suap," kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan. Pernyataan itu menambahkan, Lo mengakui hal itu dalam penyelidikan dan pengadilan.

Namun, pernyataan tersebut tidak menjelaskan jenis informasi intelijen yang telah kumpulkan untuk Beijing atau berapa banyak uang yang telah dikantongi jenderal itu. Media setempat mengatakan, dokumen yang Lo serahkan ke China termasuk informasi tentang sistem Sheng Po (Broad Victory), yaitu sebuah jaringan komando, kontrol, dan komunikasi yang Taiwan beli dari kontraktor pertahanan AS, Lockheed Martin, senilai 1,6 miliar dollar AS.

Lo diizinkan untuk mengajukan banding, kata kementerian itu. Menurut media Taiwan, jenderal itu didakwa telah jatuh dalam perangkap yang diatur seorang agen perempuan China ketika ia bertugas di Thailand tahun 2002 hingga 2005.

Lo, sekarang 51 tahun, dilaporkan mulai memberikan informasi rahasia untuk perempuan itu pada 2004 dengan imbalan sekitar 1 juta dollar AS dari China. Namun, ia beberapa kali lolos pemeriksaan tentang loyalitas dan malah mendapatkan promosi menjadi mayor jenderal tahun 2008.

Taiwan dan China telah saling memata-matai sejak terjadi perang saudara tahun 1949 yang berujung pada pemisahan pulau itu dari China daratan. Beijing masih menganggap Taiwan itu sebagai bagian dari wilayahnya yang tengah menunggu proses reunifikasi. Proses itu jika perlu dengan kekerasan.kompas.com

Posted by damm11 on 15.05. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Terpikat Mata-mata, Jenderal Dibui Seumur Hidup

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

blog-indonesia.com

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11