Masjid Pertama yang Didirikan Sunan Ampel

detail berita
SURABAYA - Raden Rahmad atau yang akrab disebut dengan Sunan Ampel memiliki banyak napak tilas di Surabaya. Tidak banyak yang tahu, sebelum mendirikan Masjid Ampel Surabaya, ternyata sang wali mendirikan sebuah musala di Kawasan Kembang Kuning.

Langgar tersebut saat ini berubah menjadi bangunan masjid yang dikenal dengan nama Masjid Rahmad Surabaya. Siapa sangka jika masjid itu sebelumnya adalah langgar kecil yang terbuat dari bambu dan beratap jerami. Langgar kecil itu dibangun oleh Raden Rahmat ketika Kerajaan Majapahit dipimpin Prabu Brawijaya V.

"Saat itu diakhir kerajaan Majapahit dan Raden Rahmad diberi tanah oleh Raja Majapahit di kawasan Ampel, namun sebelum ke situ beliau singgah di Kembang Kuning ini, " kata Mansur, Ketua Takmir Masjid Rahmad ketika berbincang-bincang dengan okezone, di kawasan Masjid Jalan Kembang Kuning, Surabaya, Kamis (4/8/2011).

Ia menceritakan, ketika Raden Rahmad datang ke Surabaya singgah di Kembang Kuning. Dalam persinggahan itu, Raden Rahmad merasa terpanggil untuk syiar agama Islam. Saat itu, penduduk di Kembang Kuning menganut ajaran animisme. Rupanya, kedatangan Raden Rahmad ke tempat ini mendapat sambutan baik dari masyrakat sekitar.

Bahkan, sang wali ini berkenalan dengan tokoh setempat yang bernama Ki Bang Kuning atau Ki Wiro Suryo. Dari perkenalan itu, rupanya Ki Wiro kagum dengan kepribadian dan sifat Raden Rahmad yang luhur budi pekertinya. Walhasil, selain Ki Wiro memeluk agama Islam juga ingin menikahkan putri tunggalnya yang bernama Nyai Maskarimah.

"Akhirnya Raden Rahmad dan Nyai Maskarimah menikah dan tinggal di kawasan tersebut,” katanya.

Dari pernikahannya itu, Raden Rahmad dikarunai dua putri yang bernama Nyimas Musthosyiah dan Musythosimah.  Setelah lama singgah dikawasan tersebut, akhirnya Raden Rahmat melanjutkan syiarnya di kawasan Ampel hingga akhirnya mendirikan Masjid Ampel di kawasan yang tak jauh dari Kembang Kuning.

Langgar yang dibangunnya kala itu dijadikan sebagai pusat syiar Islam di kawasan Kembang Kuning. Bisa dikatakan, langgar Rahmad inilah yang pertama kali didirikan oleh Sunan Ampel.

Dari tahun ke tahun Langgar Rahmad yang dulu terbuat dari bilik bambu ternyata mengalami pemugaran dan dijadikan masjid. Masjid kecil berdiri sekitar tahun 1950 an sedangkan bangunan yang ada saat ini dibangun di tahun 1963 dan berdiri hingga sekarang.[okezone.com]

Posted by damm11 on 19.07. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Masjid Pertama yang Didirikan Sunan Ampel

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11