30% Lapisan Es Rusia Hilang Pada Tahun 2050

detail berita
MOSCOW - Luas lapisan es Rusia mungkin akan menyusut hingga sepertiga pada pertengahan abad ini akibat pemanasan global.

Hal tersebut diklaim dapat membahayakan infrastruktur di zona Kutub Utara. "Selama 25 hingga 30 tahun mendatang, daerah lapisan es di Rusia akan menyusut 10 sampai 18 persen," ungkap Andrei Bolov selaku Kepala Kementrian Pemantauan Bencana Rusia seperti dilansir Straits Times, Sabtu (30/7/2011).

Bolov menambahkan ini berarti pada pertengahan abad, yakni di tahun 2050, diperkirakan lapisan es di Rusia akan mengalami penyusutan lebih besar sekira 15 hingga 30 persen dan lapisan es tersebut bisa bergeser ke timur laut sejauh 150 sampai 200 kilometer.

Dia juga memprediksi jika hal ini terjadi maka suhu di zona beku dalam minyak wilayah Siberia bagian barat akan naik hingga dua derajat Celcius. Ini berarti hanya tiga atau empat derajat dibawah nol.

Di Rusia lapisan es atau tanah yang mengalami pembekuan permanen memiliki luas cukup besar dan mencakup 63 persen dari area daratan Rusia. Namun saat ini wilayah itu mengalami perubahan signifikan akibat perubahan iklim dalam beberapa dekade terakhir.

Pencairan lapisan es yang terjadi secara terus menerus dapat mengancam serta mengacaukan sistem transportasi, bangunan, dan infrastruktur energi ekstraksi di daerah dingin Rusia.

"Dampak negatif dari degradasi lapisan es akan sangat berpengaruh pada semua infrastruktur transportasi di atas daratan Rusia," tutup Bolov.okezone.com

Posted by damm11 on 14.56. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for 30% Lapisan Es Rusia Hilang Pada Tahun 2050

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

blog-indonesia.com

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11