Ekstrim Kanan di Balik Serangan Norwegia

Foto : Bom di Norwegia (ibtimes)LONDON - Sebuah laporan menyatakan, serangan bom dan penembakan brutal di Norwegia diduga merupakan ulah dari militan ekstrim kanan. Saat ini Barat tampak diancam oleh oleh ancaman baru setelah tragedi 9/11 silam.

Seorang analis menyatakan, serangan yang terjadi di Norwegia, mirip dengan apa yang terjadi di Oklahoma, Amerika Serikat (AS) pada 1995 silam.

Di Oklahoma, seorang militan sayap kanan Timothy McVeigh meledakkan bom di truk yang berada di kantor pemerintah Oklahoma dan menewaskan 168 warga. Demikian seperti dilansir Reuters, Sabtu (23/7/2011).

Saat ini, kepolisian Norwegia khawatir akan meningkatnya sentimen ekstrim kanan, kefanatikkan anti-Islam dan juga krisis ekonomi. Kekerasan pun meningkat diiringi dengan adanya perampokan dan kekerasan lainnya.

Serangan yang terjadi Oslo dan juga Pulau Utoeya menewaskan banyak korban, yakni sekira 80 orang. Tragedi ini menjadi salah satu tragedi terburuk di Eropa setelah pengeboman di London pada 2005 silam oleh jaringan teroris Al Qaeda yang menewaskan 52 orang.

Pada Sabtu ini, televisi nasional Norwegia juga memberitakan, seorang warga Norwegia yang tergabung dalam kelompok ekstrim kanan ditangkap dan menjadi tersangka dua serangan di Norwegia.

Saat ini, kelompok sayap kanan menjadi semakin hebat. Mereka dapat menyalurkan propaganda anti-semit dan Xenophobia (takut karena bertemu orang asing). Mereka pun kerap aktif dalam situs jejaring sosial.

Bila kerusuhan di negara Arab, terutama Afrika Utara menyebabkan masuknya banyak imigran ke Eropa, hal ini tentunya akan memicu para ekstrimis sayap kanan untuk bertindak.

Pada Mei 2010 lalu, kelompok ekstrim kanan Swedia diserang dan ditusuk saat melakukan demonstrasi menyerukan supremasi putih. Seorang aktivis akhirnya ditangkap atas dugaan percobaan pembunuhan.

Polisi Swedia juga menyatakan, para ekstrimis sayap kanan sering menggunakan kekerasan demi mencapai tujuan politiknya.

Dikabarkan pula bahwa kelompok ekstrim kanan Norwegia memiliki hubungan dengan ekstrimis kanan di Swedia dan juga di negara Eropa lainnya. Mereka juga sempat mengadakan kontak dengan mitranya yang ada di Rusia.okezone.com

Posted by damm11 on 13.13. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Ekstrim Kanan di Balik Serangan Norwegia

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11