Gates Ciptakan Toilet Masa Depan


Seattle: Pendiri perusahaan Microsoft Bill Gates segera membuat terobosan baru. Gates berencana merevolusi dunia sanitasi dengan menciptakan toilet masa depan berteknologi tinggi. Dana yang didedikasikan sekitar Rp 359 miliar. Demikian dilansir situs Mashable.com, Rabu (20/7).

Tingkat kebersihan (higienitas) air dan sistem pembuangan adalah dua faktor utama yang berdampak signifikan terhadap angka kematian balita di negara berkembang. Gates berharap dapat menciptakan toilet baru demi meningkatkan taraf hidup jutaan orang.

"Tidak ada inovasi lain dalam 200 tahun terakhir yang telah menyelamatkan dan meningkatkan kehidupan banyak orang selain penemuan toilet," ucap Sylvia Mathews Burwell, Kepala Program Pengembangan Global Bill and Melinda Gates Foundation. "Namun hal tersebut tidaklah cukup. Toilet hanya menyentuh sepertiga bagian di muka bumi. Yang kita butuhkan adalah pendekatan baru. Ide baru."

Yayasan milik Gates menyalurkan dana riset pada delapan universitas dunia. Para ilmuwan ini bertugas mengembangkan sebuah toilet yang mampu mengubah limbah menjadi energi, air bersih, atau zat nutrisi lainnya. Toilet tersebut harus berupa unit tunggal, tanpa dilengkapi pipa air, terhubung ke got bawah tanah, atau menyedot listrik. Kerja sama Gates dengan USAID ini merupakan salah satu program Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Saat ini, 40 persen populasi dunia tidak memiliki akses ke toilet. Satu miliar orang membuang air kecil dan besar di alam terbuka. Setiap tahunnya, 1,5 juta anak meninggal dunia akibat diare. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah melalui sistem sanitasi yang baik.

Prioritas Gates adalah menciptakan sebuah toilet yang nyaman digunakan dengan harga terjangkau. Toilet masa depan ini harus mudah dipasang dan tidak menghabiskan dana perawatan lebih dari Rp 400 hingga Rp 500 per hari.liputan6.com

Posted by damm11 on 14.00. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Gates Ciptakan Toilet Masa Depan

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

blog-indonesia.com

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11