Misteri Guci Kuno Pengganjal Pintu Terungkap

  
London: Siapa bakal menyangka, sebuah guci yang selama ini dijadikan palang pintu ehh... ternyata bernilai lebih dari 15 ribu Poundsterling atau setara dengan Rp 213 juta. Dailymail mewartakan,Matius Collinson, juru lelang di London, Inggris, tidak mengetahui bahwa guci miliknya yang berusia seribu tahun itu ternyata sangat berharga.

"Saya benar-benar terkejut ketika diberitahu ganjalan pintu di rumah saya berusia seribu tahun, sangat langka dan berharga. Awalnya guci ini telah dikubur di sebuah makam. Saya tidak tahu bagaimana guci ini bisa sampai di sini," ungkap pria berusia 31 tahun itu dengan jujur.

Collinson diberi tahu oleh ahli keramik David Battie, "Tidak diragukan lagi, guci ini adalah perunggu tertua yang pernah kita lihat."

Guci ini diidentifikasi sebagai guci Cina dari Dinasti Yuan antara 1279-1368 dan merupakan perunggu tertua di dunia. Guci yang tingginya 60,96 cm itu diukir dengan dua ekor naga laut di kedua pegangannya, salah satu pegangan guci ini terlihat retak. Namun, keindahan guci ini tetap terlihat dengan hiasan khas Negeri Bunga Teratai di sekelilingnya. Kakek Collinson, Hugh Lambert, adalah ahli geologi, penambang emas dan pemburu meteorit, yang menemukan guci itu pada awal 1970-an. liputan6.com

Posted by damm11 on 15.57. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Misteri Guci Kuno Pengganjal Pintu Terungkap

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

blog-indonesia.com

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11