NU Yogyakarta Mulai lihat Hilal

Tim Rukyah Hilal --melihat bulan dengan mata telanjang untuk menandai pergantian kalender-- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yogyakarta sore pukul 18.00 WIB akan melihat Hilal untuk menentukan jatuhnya hari pertama puasa.

Tim Rukyah Hilal PBNU DIY, melakukan kegiatan melihat hilal dengan teropong di bukit Mbrambang, Patuk, Kecamatan Piyungan, Bantul dan di Pos observasi hilal di kompleks makam Syekh Bela-belu Pantai Parangtritis, Bantul Yogyakarta.

"Proses melihat hilal pukul 17.15 WIB dengan peralatan teropong hilal. Hilal akan terlihat nanti jam 18.00 WIB waktu matahari terbenam. Lama waktu untuk melihat hilal 33 menit, 5 detik, dengan tinggi hilal 6 derajat," kata Mizar Ali, ketua Pimpinan Wilayah NU DIY, kepada VIVAnews.com, di Yogyakarta, Minggu 31 Juli 2011.

Mizar mengatakan, tim Rukyah ini terdiri atas pesantren-pesantren di Yogyakarta dan bekerja sama dengan Kementerian Agama.

Setelah hilal terlihat nanti, pihaknya akan melaporkan hasil itu kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di Jakarta. Karena kalau di Yogya tidak terlihat hilal, nanti di provinsi lain seperti Jatim, Jateng, dan lain-lain bisa dilihat, bisa diambil keputusan bersama. "Hasilnya, nanti PBNU yang akan ikhbar atau pemberitahuan (umumkan puasa pertama Ramadan)," ujarnya.vivanews.com

Posted by damm11 on 18.32. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for NU Yogyakarta Mulai lihat Hilal

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11