Wow, Ada Toko Apple Palsu di China!

Toko Apple palsu di Kunming, China (Foto: birdabroad.wordpress.com)KUNMING - Selama ini China dikenal sebagai produsen replika berbagai produk dengan hasil yang mendekati aslinya. Kini, Negeri Tirai Bambu itu melangkah lebih jauh karena tidak hanya meniru sebuah produk, melainkan toko Apple secara utuh.

Hal itu diungkapkan salah blogger tak dikenal, BirdAbroad, yang berdomisili di China. Dia menulis bahwa di tempat tinggalnya, kota Kunming, terdapat sebuah toko yang khusus menjual produk Apple dengan dekorasi sangat mirip seperti toko ritel Apple. Bahkan para pegawainya pun mengenakan kaus seragam Apple serta tanda pengenal berukuran besar sebagaimana ditemukan pada pegawai di toko Apple.

Namun, setelah mengamati beberapa lama, si penulis blog akhirnya menyimpulkan bahwa toko itu bukanlah toko Apple asli. "Ini benar-benar imitasi toko Apple. Imitasi yang brilian, mungkin yang terbaik yang pernah dilihat. Dan kami melihatnya setiap hari," tulisnya sebagaimana dikutip Thinq.co.uk, Kamis (21/7/2011).

"Tapi beberapa hal terlihat 'salah'. Seperti tangga yang tidak sempurna, serta dinding yang tidak dicat secara benar," lanjutnya.

Bukan hanya dua hal itu yang mengindikasikan bahwa toko tersebut bukanlah milik Apple. Contoh lain bisa dilihat pada tulisan 'Apple Store' yang terpampang di toko. Padahal toko Apple yang asli hanya menampilkan logo perusahaan yang minimalis. Begitu juga tanda pengenal karyawannya yang hanya menuliskan 'Staff', bukannya nama masing-masing pegawai.

Anehnya, ternyata bukan hanya pengunjung yang tertipu dengan tampilan toko itu. Pasalnya para karyawan pun benar-benar mengira bahwa mereka adalah pegawai Apple. "Karena sifat ingin tahu kami, maka kami berbincang dengan para tenaga penjual yang tampaknya sungguh-sungguh berpikir bahwa mereka bekerja untuk Apple," tulis BirdAbroad lagi.

Lebih mengejutkan lagi, ternyata toko ini bukanlah satu-satunya imitator toko Apple. "Setelah berjalan 10 menit kami menemukan bukan hanya satu, tapi dua toko palsu Apple," imbuh BirdAbroad. Salah satunya bahkan menamakan tokonya 'Apple Stoer'.okezone.com

Posted by damm11 on 07.57. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Wow, Ada Toko Apple Palsu di China!

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

blog-indonesia.com

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11