Gelitikan Bisa Buat Langsing

Gelitikan Bisa Bikin Langsing Lho 
BANYAK penelitian yang menyebutkan tertawa adalah 'pengobatan' terbaik. Gelitik akan membuat kita tertawa dan itu merupakan hal yang sehat.

Jadi, apa sebenarnya yang terjadi ketika Anda sedang digelitik? Dalam istilah sederhana, ujung syaraf di kulit akan mengirim pesan ke otak Anda ke daerah yang mengatur inisiasi gerakan. "Otak diaktifkan pada sentuhan tak terduga," kata Samuel SH Wang PhD, profesor biologi molekuler dan ilmu saraf di Universitas Princeton di Princeton, seperti dikutip dari Healthmeup. Akibat hasil dari sentuhan tiba-tiba itu, tubuh Anda menghasilkan sensasi geli.

Apakah digelitik membuat Anda tertawa atau malah merasa takut? Setidaknya Anda berani untuk membaca fakta-fakta menarik dan menyehatkan berikut tentang rasa geli karena digelitik:

1. Menggelitik pererat hubungan
Menggelitik tidak hanya memicu tawa, tapi juga membangun sebuah hubungan. Bahkan, pakar evolusi Charles Darwin mencatat, pada akhir abad 19, menggelitik adalah aktivitas yang menciptakan mekanisme ikatan sosial. Ketika ibu menggelitik bayinya, misalnya, bayi akan tertawa. Ini berfungsi sebagai bentuk komunikasi antara bayi dan orangtua.

2. Rasa geli menandakan sistem alarm tubuh
Rasa geli akibat digelitik mungkin memiliki fungsi lain. "Seperti gatal, rasa geli dapat melindungi kita dengan menarik perhatian pada rangsangan eksternal, seperti predator atau parasit," kata Provine. Jenis menggelitik knismesis memang jarang menghasilkan tawa dan merupakan reaksi manusia dan hewan, misalkan saja kuda yang mengibaskan ekornya saat merasakan geli karena ada lalat yang hinggap di tubuhnya.

3. Gelitikan bisa menyiksa
Jika benci digelitik, beruntunglah Anda tidak hidup pada masa ketika menggelitik digunakan untuk hukuman fisik. Selama abad ke-16, sebuah sekte Protestan memberikan hukuman gelitikan bagi pelanggar hukum hingga meninggal. Pada Zaman Roma Kuno, para pelaku kejahatan diberikan hukuman dengan diikat, kaki mereka direndam dalam garam, kemudian dijilati kambing hingga meninggal.

4. Gelitik bisa merupakan rayuan
Semenjak remaja ada 7 kali lipat kemungkinan digelitik oleh lawan jenis, menurut Provine. Hasil studi menemukan bahwa alasan paling umum untuk menggelitik adalah untuk menunjukkan kasih sayang.

5. Menggelitik bisa melangsingkan
Gelitik membuat Anda tertawa yang pada akhirnya membakar kalori. Sebuah studi di International Journal of Obesity menemukan bahwa 10 sampai 15 menit tertawa akan membakar 10 - 40 ekstrakalori per hari.mediaindonesia.com

Posted by damm11 on 14.01. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Gelitikan Bisa Buat Langsing

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11