Golden Temple India

Wisata ke Tempat Suci Golden Temple India 
GOLDEN Temple merupakan kuil paling suci bagi penganut ajaran Sikhism di Amritsar, Punjab. Kuil ini merupakan tempat ziarah utama bagi para umat Sikh (penganut Sikhism) dari seluruh penjuru dunia. Hal tersebut juga memicu peningkatan kepopuleran Golden Temple sebagai tempat yang dijadikan objek wisata.

Selain dari fungsinya sebagai tempat yang sakral, kuil-kuil di Golden Temple juga diperuntukan untuk pengunjung. Peraturan yang diberlakukan bagi wisatawan hanyalah sebatas larangan untuk mengkonsumsi minuman berakohol dan daging, serta merokok di tempat-tempat pemujaan. Layaknya kuil-kuil India lainnya, pengunjung yang datang diberikan sambutan ramah dan tidak dipaksakan untuk membeli apapun.

Jika hendak memasuki kawasan Golden Temple, pengunjung diharuskan untuk melepas alas kaki mereka dan menaruhnya di tempat yang tersedia. Selain itu pengunjung juga harus menutupi kepala mereka menggunakan bandana yang telah disediakan, atau bisa pula membelinya. Tak lupa pengunjung harus mencuci kaki mereka dengan menyebrangi sebuah kolam dangkal sebelum masuk.

Bagian tempat suci yang paling terkenal dari kawasan Golden Temple adalah Hari Mandir (Divine Temple) atau Darbar Sahib (Court of the Lord). Kuil tersebut merupakan bangunan emas yang indah yang terletak ditengah air. Gedungnya dilapisi emas dengan kubah tembaga diatasnya dan dikelilingi tembok marmer putih berlapiskan susunan batu mulia yang didekorasi mengacu pada gaya Islam. Air yang mengelilingi Hari Mandir adalah kolam suci yang dikenal sebagai Amrit Sarovar (Kolam minuman Dewa).

Tempat yang tak kalah menarik dari kawasan Golden Temple adalah Guru-ka-Langar, sebuah ruang makan yang besar dimana 35,000 orang tiap harinya mendapat makan secara gratis dari sukarelawan di kuil. Semua orang bisa menikmati sajian roti yang disediakan. Di sini, kesemua orang duduk di atas lantai tanpa memperdulikan kasta, kekayaan, atau kepercayaan. Hal tersebut sesuai dengan ajaran umat Sikh yang menyamaratakan semua orang tanpa melihat latar belakang mereka.(mediaindonesia.com)

Posted by damm11 on 12.10. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Golden Temple India

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11