Gagal Akuisisi, Google Harus Bayar USD2,5 Miliar

detail berita
CALIFORNIA - Akuisisi Google terhadap Motorola Mobility senilai USD12,5 miliar kabarnya juga termasuk biaya USD2,5 miliar yang harus dibayarkan Google jika akuisisi itu batal atau tidak disetujui regulator. Demikian seperti dilansir Cellular News, Rabu (17/8/2011).

Biaya seperti itu memang cukup lazim dalam sebuah kesepakatan akuisisi. Namun dalam kasus Google, nilai biaya tersebut enam kali lebih besar dari standar industri.

Menurut seorang narasumber, detil kesepakatan seputar biaya tersebut belum bisa dibeberkan. Padahal biasanya nilai biaya kegagalan akuisisi dipaparkan secara terbuka ketika rencana akuisisi diumumkan.

"Biaya itu dimaksudkan untuk membuktikan keseriusan pihak pembeli dalam menyelesaikan transaksi," jelas Donna Hitscherich selaku dosen keuangan senior di Columbia Business School.

"Perusahaan tidak membuat kesepakatan untuk mendapatkan biaya 'ganti rugi' itu. Mereka melakukannya demi mewujudkan perjanjian akuisisi," tambahnya.

Namun jika skenario yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu Motorola menjadi pihak yang membatalkan akuisisi, bisa jadi karena mendapat tawaran yang lebih tinggi, maka Motorola harus membayar Google USD375 juta.[okezone.com]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 02.04. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Gagal Akuisisi, Google Harus Bayar USD2,5 Miliar

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11