Helm Bisa Bikin Tuli

Helm Berpotensi Bikin Tuli 
HELM merupakan perlengkapan yang ditujukan untuk melindungi kepala, khususnya otak para pengendara motor. Namun, kini muncul beberapa kasus yang menunjukkan bahwa bahwa helm juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Memang hingga kini penyebab pastinya belum diketahui. Meski deru khas mesin seperti dari motor Harley terbilang keras bagi pendengaran, penelitian telah mengungkapkan sumber terbesar dari kebisingan untuk pengendara sepeda motor sebenarnya dihasilkan oleh udara mendesing di atas helm pengendara'. Bahkan bila diukur, suara itu bisa melebihi kadar aman.

Seperti dikutip dari Times of India, Minggu (30/7), para ilmuwan telah menemukan hal baru. Peneliti dari University of Bath dan Bath Spa University melakukan uji coba dengan memakaikan helm sepeda motor di kepala manekin lalu ditempatkan dalam sebuah terowongan angin dan dinyalakanlah kipas. Dengan menaruh mikrofon di di helm dan di telinga boneka, para peneliti menemukan bahwa area bawah helm dan dekat dagu merupakan sumber signifikan dari suara yang mencapai gendang telinga pengendara paling sensitif.

Temuan ini mungkin suatu hari digunakan untuk desain helm yang lebih tenang dan hemat bagi telinga pengendara untuk menikmati suara deru motor yang keras. Studi ini telah dipublikasikan dalam Journal of Acoustical Society of America.(mediaindonesia.com)

Baca Juga :

Posted by damm11 on 02.29. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Helm Bisa Bikin Tuli

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

blog-indonesia.com

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11