Ritual Cari Ilham Di Kuil India

kerala
Pendeta Hindu memulai ritual untuk mendapat ilham suci mengenai apa yang sebaiknya dilakukan atas harta karun yang diketemukan di sebuah kuil di India.Satu tim ahli yang ditunjuk oleh Mahkamah Agung melakukan pemeriksaan atas kuil Sree Padmanabhaswamy di negara bagian Kerala.

Di gudang bawah tanah kuil itu diketemukan satu koleksi benda berharga dari mutu manikam, emas dan perak bernilai jutaan dollar.Lima dari beberapa gudang bawah tanah yang ada telah dibuka dan isinya diinventarisasi.Gudang bawah tanah keenam yang lebih rapat terkunci masih belum dibuka untuk menunggu cara penyimpanan barang-barang yang sudah diambil sebelumnya.

Minggu lalu, sebagian ummat memprotes tindakan para ahli yang melakukan inspeksi dengan mengatakan para dewa akan marah.Para pendeta Hindu mengatakan mereka akan melakukan ritual astrologi selama tiga hari untuk mencoba menafsirkan keinginan para dewa mengenai pemeriksaan yang sedang dilakukan.

Anak keturunan keluarga kerajaan Travancore yang merawat kuil itu menginginkan upacara ritual dilakukan sebelum gudang keenam dibuka.Mereka mengatakan ada tanda ular di dinding gudang yang diartikan sebagai isyarat tidak menguntungkan untuk dibuka.

Pengadilan meminta para ahli untuk meneliti klaim ini.
Tidak jelas apakah ritual astrologi itu akan membuat pemeriksaan dihentikan.
Kelompok Ateis memprotes langkah ini dengan mengatakan tindakan itu bertentangan dengan pengadilan dan tidak masuk akal.''Anak keturunan keluarga kerajaan akan menyampaikan kesimpulan dari ritual itu ke pengadilan yang ditata oleh hukum sekuler India. Kita harus tahu apa arti simbol di gudang itu,'' kata sejarawan MG Sashibhusan.

Para sejarawan mengatakan harta karun yang diketemukan merupakan sebuah kekayaan budaya yang tak ternilai, walau pejabat India lebih pragmatis dan memperkirakan angka £12 miliar atau sekitar 168 triliun rupiah.Baik negara bagian Kerala maupun keluarga kerajaan Travancore sama-sama tidak melakukan klaim atas harta yang mereka katakan milik kuil dan dewa.

Tetapi penemuan ini menimbulkan debat publik dengan pendapat beragam dari menyimpannya di museum hingga usulan untuk dijual dan uangnya digunakan untuk kebaikan masyarakat.
Satu keputusan yang sudah disepakati adalah peningkatan keamanan kuil yang sekarang menjadi kuil paling kaya di dunia.[bbc.co.uk]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 02.36. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Ritual Cari Ilham Di Kuil India

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11