Tsunami Jepang Pecahkan Es Antartika

Washington DC: Peneliti AS mengatakan tsunami yang dihasilkan oleh gempa berkekuatan 8,8 SR pada 11 Maret silam di Jepang telah mematahkan potongan gunung es di Antartika sekitar 13.000 kilometer. Demikian yang dilaporkan laman NHK, Rabu (10/8).

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan hasil penelitian itu merupakan pengamatan yang pertama mengenai sebuah tsunami bisa menyebabkan retaknya es Antartika. NASA mengatakan, mereka mengamati keretakannya dari Sulzberger Ice Shelf dalam sebuah gambar yang diambil dari dua satelit tepat setelah gempa besar tersebut.

Gambar-gambar dari tanggal 16 Maret itu juga menunjukkan seluas 125 kilometer persegi gunung es baru mengambang di laut. Menurut NASA, gelombang tsunami yang mencapai Antartika hanya setinggi 30 sentimeter, tetapi gelombang itu kemungkinan berhasil mengenai rak es karena gelombang yang dihasilkan berkali-kali. Para ilmuwan juga mengatakan temuan ini sekaligus menggarisbawahi besarnya kekuatan tsunami di timur laut Jepang.[liputan6.com]

Baca juga :


Posted by damm11 on 06.17. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Tsunami Jepang Pecahkan Es Antartika

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11