Ditemukan Fosil Kera Berumur 20 Juta Tahun di Uganda

KAMPALA - Ilmuwan Uganda dan Prancis telah menemukan fosil tengkorak kera memanjat pohon dari sekitar 20 juta tahun lalu di wilayah Karamoja, Uganda, Selasa (2/8).

Para ilmuwan menemukan sisa-sisa fosil pada 18 Juli lalu, dan terus mencari fosil di wilayah yang dulu merupakan gunung berapi di Karamoja, daerah semi-kering di bagian timur laut Uganda.

"Ini pertama kali tengkorak lengkap kera dari era itu ditemukan. Ini adalah fosil yang sangat penting," Martin Pickford, seorang paleontolog dari College de France, Paris.

Pickford mengatakan studi awal dari fosil menunjukkan bahwa herbivora memanjat pohon itu berusia 10 tahun ketika meninggal, memiliki kepala seukuran simpanse, tetapi dengan otak babon, jenis kera yang lebih besar.

Bridgette Senut, seorang profesor di National Musee d'Histoire Naturelle, mengatakan fosil yang ditemukan itu tetap akan dibawa ke Paris untuk menjalani pemeriksaan dengan sinar-x dan didokumentasikan sebelum dikembalikan ke Uganda.

"Ini akan dibersihkan di Prancis, kemudian setelah diteliti waktu sekitar satu tahun, baru akan dikembalikan ke Uganda,"kata Senut.

Menter Muda Pariwisata, Satwa Liar dan warisan Budaya Uganda mengatakan tengkorak yang ditemukan itu merupakan sepupu jauh dari fosil kera Hominidea.(mediaindonesia.com)

Baca Juga :

Posted by damm11 on 17.40. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Ditemukan Fosil Kera Berumur 20 Juta Tahun di Uganda

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11