Dalang di Balik Kematian Karang Langka Dunia


Headline
Washington – Karang Elkhorn dunia terdaftar dalam spesies terancam punah sejak beberapa tahun lalu. Kini, peneliti Amerika Serikat (AS) mengaku berhasil menemukan dalangnya.

Limbah manusia menjadi ‘penjahat’ di balik penyakit yang membunuh karang tersebut. Karang ini hidup di perairan Florida selatan dan Bahama serta menjadi karang paling berharga di Karibia.

Namun, karang ini terus menghilang karena penyakit white pox yang dipicu bakteri Serratia Marcescens yang ditemukan pada limbah manusia dan hewan. Peneliti menganalisa bakteri tersebut dari limbah di Key West, Florida.

Setelah itu, hasilnya yang didapat dibandingnya dengan sampel kotoran hewan dan burung. Jenis yang menyerang karang ternyata sesuai dengan yang ditemukan dalam limbah manusia.

Dalam hasil studi yang diterbitkan di jurnal PLoS ONE ini, peneliti menggambarkan temuan mereka sebagai ‘penyakit pertama manusia yang menyebabkan menurunnya populasi hewan tak bertulang punggung laut’.
“Bakteri ini muncul dari manusia,” ujar penulis James Porter dari University of Georgia seperti ditulis Strait Times.[inilah.com]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 02.12. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Dalang di Balik Kematian Karang Langka Dunia

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11