Kosmik 'Kalung' Menakjubkan Tertangkap Kamera


Headline
Baltimore – Gambar terbaru teleskop luar angkasa Hubble menampilkan nebula planet menakjubkan. Menariknya, nebula ini memiliki bentuk bak kalung bercahaya menakjubkan.

Nebula ini merupakan sisa-sisa cahaya dari bintang serupa matahari yang berada dalam cincin seluas 19,3 triliun kilometer dengan gas terang dan padat yang menyerupai berlian dalam sebuah kalung dan nebula ini terletak 15 ribu tahun cahaya dari rasi bintang Sagitta.

Gambar menakjubkan ini diambil pada 2 Juli lalu melalui kamera lebar Hubble. Hasilnya, tampak cahaya hidrogen (biru), oksigen (hijau) dan nitrogen (merah). Warna menyala pada nebula ini muncul karena penyerapan cahaya ultraviolet dari pusat bintang nebula.

Astronom mengatakan, pasangan bintang yang mengorbit dengan jarak sangat dekat bisa menghasilkan nebula semacam ini pada 10 ribu tahun silam.

Hal ini terjadi saat salah satu bintang yang menua mulai menggelembung hingga titik dimana benda langit itu ‘memakan’ bintang pasangannya.

Alhasil seperti ditulis Upi, bintang menjadi kian besar dan mampu berputar cepat serta gas-gas yang ada akan meluas ke luar angkasa dan membentuk cincin padat. [inilah.com]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 17.24. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Kosmik 'Kalung' Menakjubkan Tertangkap Kamera

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11