Eskalator Unik di Dunia

Eskalator adalah salah satu transportasi vertikal berupa konveyor untuk mengangkut orang, yang terdiri dari tangga terpisah yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah mengikuti jalur yang berupa rel atau rantai yang digerakkan oleh motor. Dalam pembuatannya, eskalator ini memiliki beragam bentuk dan panjang. 

Di bawah ini eskalator-eskalator Unik yang dijumpai di berbagai negara.

Tertinggi

The Umeda Sky Building adalah gedung tertinggi ketujuh di Osaka City, Jepang. Terdiri dari dua menara dengan 40 lantai dan tinggi 173 meter, kedua gedung itu dihubungkan dengan jembatan eskalator. Menaiki jembatan eskalator di gedung ini merupakan pengalaman yang mengasyikan, kita serasa terbang melayang di udara.
Ini adalah cara murah untuk melihat kota, kurang dari Rp 90 ribu untuk pergi ke daerah pengamatan. Terletak di distrik Umeda Kita-ku, gedung ini awalnya disusun pada tahun 1988 sebagai proyek “City of Air”, yang direncanakan untuk dibangun empat menara di utara Osaka yang saling berhubungan. Akhirnya, setelah dipertimbangan jumlah menara yang akan dibuat hanya dua.

Terpanjang

Stasiun Pobedy Park

Eskalator Terpanjang terdapat di Stasiun Pobedy Park di Jalur-Pokrovskaya Arbatsko yang dibuka pada tahun 2003. Eskalator ini mempunyai panjang sekitar 126 m atau sekitar 740 langkah. Dari awal hingga akhir, perjalanan di eskalator Pobedy Park yang terletak di Moskow ini dapat mengambil waktu hampir tiga menit.


Mal Ciputraworld

Mal Ciputraworld Surabaya akan menerima rekor MURI. Sebab, dalam mal yang berdiri di lahan seluas 9 hektare ini terdapat eskalator terpanjang se-Asia Tenggara. “Eskalator ini menghubungkan lantai dasar langsung ke lantai 3. Panjang eskalatornya mencapai 34 meter.Eskalator sepanjang 34 meter dan tinggi 16 meter ini berkecepatan 30 meter per menit. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari ujung ke ujung mencapai 66 detik.



Indoor terpanjang di dunia 

Hongkong memiliki sebuah eskalator dengan panjang 800 meter dengan ketinggian vertikal 135 meter. Total waktu perjalanan eskalator yang dibuat pada 1993 ini adalah 20 menit, tapi kebanyakan orang berjalan sementara di eskalator untuk mempersingkat perjalanan mereka.


Tersempit

Eskalator hanya selebar 16 inci (40 cm), banyak dipergunakan oleh department store dan di daerah transit, biasanya di stasiun kereta. Eskalator dibuat lebih sempit, mengingat melambungnya obesitas di Amerika Serikat.


Melengkung

Eskalator lengkung adalah perkembangan baru dalam arsitektur infrastruktur yang mungkin sudah terlalu canggih. Sementara rekayasa visual dan estetika, di balik eskalator berjalan agak melengkung dari pabrik. Itu tidak berhenti di hotel, mal dan bangunan lainnya yang telah dipasang eskalator. Ini merupakan eskalator kembar di Kanada River Rock Casino Resort.


Eskalator Sepeda

Eskalator Khusus Sepeda banyak ditemukan di beberapa kota besar di Jepang, eskalator ini memiliki slot cukup lebar untuk pengguna sepeda. Penunggang turun dan berjalan menaiki tangga, sambil memegang rem tangan sepeda, sementara eskalator bergerak dengan lancar di sepanjang jalur sepeda di samping tangga.

[ada-sih]

 Baca Juga :

Posted by damm11 on 21.38. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Eskalator Unik di Dunia

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11