Radar Penangkal Tsunami Ditemukan !


detail berita
CALIFORNIA - Untuk pertama kalinya tsunami dapat diamati dengan menggunakan radar. Ini dapat membuat sistem peringatan dini untuk tsunami.

Diketahui bahwa tsunami telah menyapu bersih wilayah pantai Jepang pada 11 Maret lalu, yang disusul kemudian oleh frekuensi tinggi yang ditangkap oleh radar di California dan Jepang, seperti diakui para ilmuwan di Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

"Ini bisa sangat berguna, jika dipakai di daerah Asia Tenggara, di mana ada daerah landas kontinen besar yang dangkal," kata Profesor John Largier, seorang ahli kelautan di University of California, dan penulis penelitian yang telah  mempublikasikan makalah ini dalam jurnal Remote Sensing.

Largier dan tim telah menggunakan susunan frekuensi tinggi pada radar di Lab Kelautan Bodega untuk mempelajari arus laut selama 10 tahun terakhir. Largier, bersama-sama dengan kolaborasi peneliti dari Hokkaido dan universitas Kyoto di Jepang, serta San Francisco State University, menggunakan data dari situs radar di Bodega Bay, Trinidad, California, dan dua lokasi di Hokkaido, Jepang, untuk mencari titik tsunami di lepas pantai.

Para ilmuwan menemukan bahwa radar bukan mengambil gelombang tsunami yang sebenarnya, melainkan mengambil gelombang kecil di ketinggian laut. Tetapi itu merupakan perubahan arus sebagai gelombang yang melewatinya. Demikian seperti dikutip The Hindu, Kamis (18/8/2011).

Para peneliti menemukan apa yang biasa mereka sebut tsunami, setelah memasuki perairan dangkal di atas pantai landas kontinen. Sebagai gelombang yang masuk ke area air dangkal, mereka melambat, namun peningkatan tinggi dan penurunan panjang gelombang terjadi selama perjalanan ke permukaan laut sampai akhirnya menghantam pantai.

Largier menjelaskan bahwa landas kontinen di lepas pantai California cukup sempit, dan pendekatan ke pantai sudah dapat dipantau oleh pengukur tekanan. Tapi dirinya  mengatakan deteksi radar bisa bermanfaat, misalnya, di Pantai Timur atau di Asia Tenggara, di mana ada hamparan laut dangkal yang luas.[okezone.com]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 11.21. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Radar Penangkal Tsunami Ditemukan !

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

blog-indonesia.com

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11