Fosil Monster Laut Terganas didunia dipamerkan

Model pliosaurus yang direka ilmuwan
Tengkorak terbesar yang berasal dari mahluk "monster laut" ditemukan dan dipamerkan kepada publik.
Mahluk mengerikan ini, yang dinamai pliosaurus, dilukiskan sebagai predator paling buas yang pernah ada di muka bumi.

Fosilnya ditemukan di Dorset, Inggris, namun butuh waktu hingga 18 bulan untuk memindahkan tengkoraknya dari potongan bebatuan yang mengawetkannya sehingga menjadi bentuk monster dalam detil yang mengagumkan.

Peneliti menduga mahluk ini mungkin merupakan spesies atau bahkan genus baru.
Richard Edmonds, manajer untuk program Jurassic Coast dari Konsil Daerah Dorset mengatakan: "Ini temuan yang luar biasa. Kami melihat fosil ini mulanya hanya seonggok tulang-belulang tapi lambat-laun setelah kerja keras, jadinya terbentuk juga."

"Kami diberi tahu kalau kerangka ini sekarang sudah 95% lengkap, dan bisa jadi salah satu dan jelas merupakan pliosaurus paling lestari yang pernah ditemukan di dunia."

Fosil yang ditaksir berumur 155 juta tahun ditemukan seorang kolektor lokal Kevan Sheehan antara 2003 sampai 2008 saat tumpukan tengkoraknya muncul dari bebukitan padas dekat Weymouth.

Kepada BBC News Sheehan mengatakan: "Benar-benar mujur saja: saya sedang duduk-duduk di pantai, terus melihat tiga potongan (fosil) ini. Saya juga tidak tahu ini apa tapi saya tetap gali. Beberapa tahun berikutnya, saya terus kembali dan menemukan potongan baru. Saya seperti burung (pengumpul barang) magpie di pantai."

Membuat takut

Mulanya yang ditemukannya nampak sekedar seperti potongan batu keras ketimbang monster laut, namun setelah proses penyiapan yang makan banyak waktu yang dilakukan oleh pakar fosil Scott Moore-Faye, muncullah detil indah fosil pliosaurus.

Sekilas nampak gambarannya seperti buaya yang gembung akibat suntikan steroid, setelah disusun kini jauh lebih mudah membayangkan kekuatan "mesin penggigit" ini: pliosaurus, yang hidup antara periode Jurassic dan Cretaceous merupakan predator terbuas di samudra.

Moncong pliosaurus

Dalam pameran di Museum Daerah Dorset ini nampak lubang kelopak matanya, menonjol diatas kepala, menunjukkan bagaimana mahluk ini akan memusatkan pandangan pada mangsa yang lewat; mulut yang menunjukkan rahang yang super kuat, sehingga mampu mengunyah apa saja yang kebetulan cukup sial melintas didepannya; lalu sebuah lubang besar sepanjang moncongnya yang berisi lapisan gigi setajam silet ukuran raksasa.

Menurut ahli mahluk pra sejarah Richard Forrest: "Ini spesimen ikonik satu dari sedikit fosil paling menarik yang pernah ada selama bertahun-tahun

"Mungkin ini temuan predator paling ganas yang pernah ada. Kalau kebetulan berada di depan mahluk ini Anda bisa bayangkan bagaimana binatang buas ini menatap langsung dengan sudut pandang binokularnya, lalu menyerang Anda tanpa basa-basi. Membayangkannya saja sudah bisa membuat bulu kuduk Anda berdiri."
Badannya yang gembung besar, yang bila berada dalam air digerakkan dengan empat tungkai seperti kayuh, yang belum bisa ditemukan dan mungkin tidak terawetkan dalam bentuk fosil.

Namun menurut perkiraan para ilmuwan, berdasar pada tengkorak sepanjang 2,4m yang ditemukan hewan pemangsa ini diduga berukuran kira-kira 15-18m dari ujung moncong hingga ekor.[bbc.co.uk]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 02.39. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Fosil Monster Laut Terganas didunia dipamerkan

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11