Raja Spam Menyerahkan Diri

Raja Spam Menyerahkan Diri

SEORANG warga AS, Sanford Wallace, akhirnya menyerahkan diri ke agen federal, FBI, di California. Ia segera diadili karena mengirim lebih dari 27 juta spam atau pesan sampah ke pengguna Facebook.

Seperti diberitakan laman berita BBC, Sabtu (6/8), jaksa mendakwanya dengan tuduhan mengembangkan program yang bisa menembus penyaring spam Facebook dan merayu pengguna Facebook untuk mengumpulkan data pribadi. Dia bisa diancam hukuman 10 tahun penjara. Namun Wallace membantah tuduhan itu.

Meski menyerahkan diri, dia dilaporkan dilepaskan dengan uang jaminan sebesar US$100.000 atau sebesar Rp851 juta.

Jaksa mengatakan program yang dikembangkan Wallace yang dimasukan ke dalam dinding pengguna Facebook - seakan-akan berasal dari teman - mendesak pengguna untuk mengunjungi situs yang mengumpulkan data pribadi.

Mereka kemudian diarahkan ke sebuah situs afiliasi yang bisa "memberi keuntungan" bagi Wallace.

Program yang dia buat juga bisa mengumpulkan data teman-teman pengguna Facebook dan memasang pesan spam ke dinding mereka.

Sekitar 500.000 pengguna Facebook telah menjadi korbannya, antara November 2008 hingga Maret 2009, dengan lebih dari 27 juta pesan spam yang terkirim.

Wallace, lelaki asal Las Vegas, akan dituntut dengan enam dakwaan terkait dengan penipuan surat elektronik, tiga dakwaan kerusakan yang disengaja terhadap komputer yang dilindungi dan dua dakwaan upaya kriminal.

Facebook menuntut Wallace pada 2009.Juri federal pun meminta dia untuk tidak lagi mengakses jaringan Facebook. Tetapi dia berulang kali menembus keamanan sistem Facebook dan melanggar perintah pengadilan.

Selain Facebook, Wallace juga pernah kalah dalam sengketa di pengadilan sipil antara dia dan situs MySpace pada 2008 dalam kasus pesan sampah yang dia kirim ke anggota situs jejaring sosial tersebut.[mediaindonesia.com]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 07.58. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Raja Spam Menyerahkan Diri

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

blog-indonesia.com

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11