Ilmuwan Temukan Hiu Berkemampuan "Menghilang"

Satu-satunya hal yang menakutkan daripada hiu adalah hiu tersebut tidak bisa Terlihat.

Hiu Lentera ,yang sudah dikenal untuk ukuran kecil dengan bioluminescence, mungkin satu lagi fitur yang dapat menjaga mereka tetap aman di lingkungan laut yang berbahaya adalah tembus pandang.

Satu studi baru menunjukkan bahwa hiu yang jarang di temukan ini benar-benar memiliki kemampuan untuk menciptakan ilusi optik yang membuat mereka tidak terdeteksi secara visual untuk predator dan calon mangsanya.

Hiu ini menggunakan pemancar cahaya, di samping itu mereka menyesuaikan alam untuk menciptakan ilusi pencocokan cahaya terhadap lingkungan mereka.

"Para photophores menggantikan cahaya ke bawah ingsangnya dari matahari, yang diserap oleh tubuh hiu," jelas penulis Julien Claes untuk Discovery News. "karena itu Siluet ikan hiu menghilang jika dilihat dari bawah."

Hasil Penelitian ini akan diterbitkan dalam Journal of Experimental Biologi dan Ekologi Laut ,juga mengkonfirmasi lokasi baru untuk menemukan ikan kecil ini, yaitu sekitar Okinawa di Jepang. Sebelumnya, hiu ini hanya ditemukan di perairan Taiwan dan sekitar Jepang selatan.

Para ilmuwan pertama kali mampu mempelajari bioluminescence hiu dalam pengaturan ilmiah terjadi di bulan Mei 2010, ketika Claes dan timnya meneliti spesies yang berbeda dari ikan hiu lentera.

Para peneliti di Universitas Katolik Louvain dapat melihat dari dekat, belum pernah terjadi sebelumnya pada jenis yang berbeda dari hiu ini, yang dikenal dengan nama ilmiah "Etmopterus spinax",menurut Discovery News . Habitat Hiu ini sangat jarang di temukan, dilaporkan tidak lebih besar dari dua kaki panjangnya, Mereka menghuni perairan terutama di samudera Atlantik, termasuk Laut Mediterania dan fiord Skandinavia.

Menurut Peneliti Universitas ,  Julien Claes yang menjadi ilmuwan pertama yang menunjukkan bahwa hiu ini mengontrol luminescence mereka tidak hanya dengan saraf, juga menggunakan hormon mereka.[ada-sih]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 20.51. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Ilmuwan Temukan Hiu Berkemampuan "Menghilang"

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11