Cegah Radiasi, Jepang Tutupi Reaktor Nuklir

Para petugas di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi memutuskan mendirikan tenda raksasa melingkupi salah satu reaktor di instalasi itu. Hal ini dimaksudkan mencegah sebaran radiasi tingkat tinggi ke sekitar lokasi.

Menurut laporan Associated Press, Jumat, 12 Agustus 2011, operator mengatakan tenda ini berfungsi menjaga sebaran radiasi tetap berada di dalam. Tenda juga melindungi instalasi dari air hujan, yang dapat membawa radiasi merembes ke dalam tanah atau turut mengalir ke sungai.

Tenda raksasa ini akan didirikan di atas reaktor nuklir unit 1 yang meledak pasca gempa dan tsunami 11 Maret lalu. Juru bicara PLTN tersebut, Koji Watanabe, mengatakan pembangunan tenda baru akan dilakukan pada minggu ini. Hal ini dikarenakan radiasi yang terlalu besar membuat lokasi tersebut masih terlalu berbahaya bagi pekerja.

Tenda berbahan polyester ini akan didirikan dengan tinggi 54 meter dan lebar 47 meter. Sementara rangka tenda terbuat dari besi.

Pada awal bulan ini, wilayah di dekat unit 1 dilaporkan terdeteksi radiasi dalam jumlah yang sangat besar. Titik ini kini diisolasi dari kehadiran  pekerja. Menurut laporan Tokyo Electronic Co. (Tepco) radiasi di tempat ini bisa mencapai 40 kali batas aman yang dapat diterima tubuh manusia.

Jika tenda raksasa di unit satu terbukti berhasil mencegah penyebaran radiasi, maka tenda lainnya akan dipasang di seluruh reaktor. Watanabe mengatakan, tenda di unit satu ini diperkirakan akan selesai dibangun pada akhir September mendatang.[vivanews.com]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 15.45. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Cegah Radiasi, Jepang Tutupi Reaktor Nuklir

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11