Waspasai, Alat Pompa Jantung Bisa Kena Hack

detail berita
LAS VEGAS - Tidak hanya komputer saja yang diretas, bahkan alay aliran darah manusia saja tidak aman dari serangan hacker komputer.

Seorang peneliti keamanan yang diabetes telah mengidentifikasi kelemahan yang dapat memungkinkan penyerang untuk kontrol jarak jauh pada pompa insulin dan mengubah readouts pada monitor gula darah.

Akibatnya, penderita diabetes bisa mendapatkan insulin yang terlalu banyak atau terlalu sedikit, artinya hormon yang mereka butuhkan untuk metabolisme tidak tepat.

"Reaksi awal saya adalah bahwa ini benar-benar sangat terampil dari sudut pandang teknis," kata Jay Radcliffe, penderita diabetes yang bereksperimen pada peralatan sendiri.

"Reaksi kedua adalah salah satu teror mungkin semata-mata, untuk mengetahui bahwa tidak ada keamanan di sekitar perangkat yang merupakan bagian yang sangat aktif membuat seseorang tetap hidup,"tambahnya, seperti dikutip Straits Times, Jumat (5/8/2011).

Meskipun tidak ada bukti bahwa ada yang telah diungkapkan Radcliffe adalah benar, tapi temuan itu menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan perangkat medis karena mereka dibawa ke dalam era internet.

Serangan yang serius telah berdemonstrasi menentang alat pacu jantung dan defibrillator. Akan tetapi pembuat perangkat medis meremehkan ancaman dari serangan tersebut. Mereka berpendapat bahwa perangkat tersebut telah dilakukan oleh peneliti keamanan terampil dan tidak mungkin terjadi di dunia nyata.[okezone.com]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 11.50. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Waspasai, Alat Pompa Jantung Bisa Kena Hack

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11