Rafflesia Mekar di Mukomuko

MUKOMUKO - Bunga raflesia arnoldi mekar dalam kawasan hutan tepatnya berada di Desa Talang Baru, Kecamatan Malin Deman,Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Kami menemukan bunga raflesia arnoldi pada Minggu (7/8) pukul 15.30 WIB saat sedang memasang perangkap burung," kata Yakub di Mukomuko, Selasa (9/8).

Yakub mengatakan, warga yang pertama kali menemukan bunga raflesia arnoldi itu adalah Nur Arifin, 30. Saat pertama kali ditemukan oleh sejumlah warga desa itu, lanjutnya, tidak ada hal yang istimewa karena tidak tahu yang ditemukan merupakan

bunga raflesia arnoldi.

Tetapi setelah diabadikan menggunakan kamera telepon genggam dan di bawa pulang ke desa untuk diperlihatkan kepada warga lain, akhirnya mereka yakin bunga besar itu merupakan raflesia arnoldi.

Setelah yakin bunga yang ditemukan itu merupakan raflesia arnoldi, selanjutnya Dan Ramil Kecamatan Ipuh, Kapten Inf Edi Prayitno melalui Bakor Malin Deman Serka Yakup Suseno, bersama-sama dengan warga melihat secara langsung lokasi penemuan itu.

Di lokasi penemuan bunga raflesia arnoldi ditemukan banyak sekali bonggol bunga itu. Bahkan mekarfnya bunga raflesia arnoldi di kawasan hutan daerah itu bukan untuk pertama kali.

"Sebelumnya sudah ada bunga raflesia yang mekar denga ukuran yang jauh lebih besar dari ukuran sekarang karena ditemukan sisa bunga yang telah membusuk," kata Yakub.   

Kepala Desa Tanjung Jaya M Yusak mengatakan masih ada satu bunga raflesia arnoldi yang akan mekar di lokasi yang sama.

Menurut Yusak lokasi penemuan bunga langka tersebut cukup curam dengan kemiringan berkisar 70 derajat. Untuk sementara ini bunga Raflesia yang baru mekar hanya satu berukuran sekitar 60 centimeter dengan tinggi 20 sentimeter dengan warga warna merah muda pucat.

Sedangkan satu bunga lagi diperkirakan bakal mekar dalam waktu dekat ini. Selain itu juga masih banyak puluhan bonggol bunga raflesia dilokasi tersebut.[mediaindonesia.com]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 08.01. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Rafflesia Mekar di Mukomuko

Leave comment

FLICKR PHOTO STREAM

blog-indonesia.com

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11