Sekeluarga Kompak Ngemis, Digelandang Polisi

Jombang  - Razia gepeng (gelandangan dan pengemis) yang digelar Polsekta Jombang berhasil menciduk sejumlah pengemis yang sedang menjalankan aksinya di lampu merah. Ironisnya, terdapat tiga bocah di bawah umur yang sedang mengemis bersama ibunya. Selanjutnya, mereka dinaikkan ke mobil petugas guna pendataan, Jumat (12/8/2011).

Tempat yang pertama kali menjadi sasaran petugas adalah perempatan Tugu Jombang. Begitu turun, korps berseragam cokelat ini berhasi menangkap tiga bocah di bawah umur, beserta ibunya. Mereka asyik meminta uang kepada setiap pemakai jalan.

Kedatangan polisi yang mendadak ini membuat para pengemis tak bisa berbuat banyak. Mereka hanya bisa menurut ketika digelandang ke mobil patroli. Mereka adalah Indah Setyowati (40), warga Jalan Kemuning Candimulyo Jombang. Uniknya, Indah juga mengajak dua anaknya dan satu bocah keponakannya.

Mereka masing-masing, Ris (8), duduk di kelas I SD, Bes (10), duduk di kelas III SD, serta Dya (9), duduk di kelas III SD. "Kalau pagi saya sekolah, sepulang sekolah saya bantu ibu mencari uang," kata Ris sembari menundukkan wajah.

Lantas bapaknya kemana? Indah, sang ibu mengatakan, suaminya hanyalah penarik becak. Selain bekerja, suaminya juga yang mengantarkan dia dan anak-anaknya ketika berangkat mengemis. Indah beralasan, rela mengemis karena untuk memenuhi kebutuhan. "Selain untuk makan juga untuk biaya sekolah anak," ujar perempuan yang mengenakan topi ini.

Usai menyisir perempatan Tugu, petugas kemudian melanjutkan razia ke perempatan taman kota Kebunrojo. Di tempat tersebut korps berseragam cokelat berhasil menciduk dua pengemis. Salah satu dari pengemis itu ada yang hendak melarikan diri. Namun beruntung, petugas berhasil mencegahnya.

Wakapolsekta Jombang, Ipda Suis Effendi menjelaskan, seluruh pengemis yang tertangkap itu ia data. Namun mereka masih diberi pembinaan saja. "Mereka belum kita jerat dengan pasal Tipiring (tindak pidana ringan), namun hanya kita beri pembinaan. Ke depan, jika mereka tertangkap lagi, kita akan tindak tegas," ujarnya.[beritajatim.com]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 17.15. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for Sekeluarga Kompak Ngemis, Digelandang Polisi

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11