10 Kota yang Hilang di Dunia

10 Kota yang Hilang di Dunia  
ADA beberapa kota yang hilang dari peradaban dengan beragam alasan. Untuk sekadar mengingatnya, berikut adalah sepuluh kota di dunia yang hilang dan ditinggal oleh penduduknya seperti kami kutip dari lonelyplanet.com :

Skara Brae, Skotlandia

Reruntuhan prasejarah di Orkney merupakan sebuah ladang yang sudah ada lebih dari 5000 tahun silam. Ini ditemukan pada 1850 setelah badai besar menyapu sisa-sisa bebatuan. Melalui penggalian dan badai lainnya nampak bahwa desa memiliki sedikitnya delapan pondok batu, lengkap dengan tempat tidur, tungku perapian dan rak-rak.

Babylon, Irak

Babylon menjadi pusat akan kota Mesopotamia yang luar biasa, dimana Hammurabi, raja pertama dari kerajaan Babylonia, menjadikan kawasan ini sebagai ibu kota. Babylon runtuh pada abad ke 6 oleh Assyrians.. Dulunya di sini terdapat sebuah taman gantung. Lokasinya 85km di selatan Bagdad.

Taxila, Pakistan

Ditemukan oleh raja India pada zaman kuno sekitar abad ke-7. Taxila atau Takshashila merupakan sebuah dongeng dari tiga kota yang hilang. Yang pertama dibangun di atas sebuah bukit yang dikenal dengan Bhir Mound. Di Museum Taxila dapat ditemukan koleksi artefak, yang akan membantu anda mengetahui sejarah dari kota yang luar biasa ini.

Dunwich, Inggris

Ini merupakan sebuah kota yang sempat berjaya, kota pelabuhan utama dan kota terbesar di Inggris pada abad pertengahan. Bangunannya didirikan di atas pasir. Pada akhir abad ke-13 badai hebat menghantam lokasi ini, hingga merobohkan bagian terpenting dari kota.

Palenque, Meksiko

Terletak di kaki pegunungan Chiapas, arah barat daya Meksiko. Palenque dianggap sebagai harta karun bagi para arkeolog. Keberadaan kota ini diperkirakan sudah ada hampir 100 tahun lamanya.

Angkor, Kamboja

Angkor merupakan kota yang cukup besar dengan reruntuhan kuil batunya. Populasi penduduknya mendekati satu juta orang, dan merupakan ibu kota dari kerajaan Khmer. Kota ini ditinggal penduduknya 500 tahun lalu

Wittenoom, Australia

Terletak sekitar 1100km dari selatan Perth. Kawasan ini sempat mendukung sebuah industri sasbes hingga pertengahan tahun 1960-an

Darwin, California, AS

Kota ini menjadi terlantar pada tahun 1878. Kemudian sempat bangkit di awal abad ke-20.

Herculaneum, Italia

Rumah bagi para keluarga kerajaan. Keberadaan akan kota ini terungkap sekitar 250 tahun lalu dan menjadi harta karun bagi para arkeolog.

Carthage, Tunisia

Kota ini mengalami kehancuran sebanyak dua kali oleh Kerajaan Romawi dan warga muslim Arab. Kini anda bisa mengunjungi reruntuhan kota yang akan memperlihatkan pemandangan akan kamar mandi, kuil dan villa khas Roma yang sudah mendarah daging dari kota ini.[mediaindonesia.com]

Baca Juga :

Posted by damm11 on 15.53. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 komentar for 10 Kota yang Hilang di Dunia

Leave comment

Ada kesalahan di dalam gadget ini

FLICKR PHOTO STREAM

2010 Ada-Sih. All Rights Reserved. - Designed by Damm11